close

15 September 2020

Pengalamanku Tes Online Assesment BEASISWA PPA PPTI BCA 2017


Hay ketemu lagi ya di artikel Dunia Pelajar  kali ini admin akan share tentang pengalaman admin waktu tes online assesment. Sebelum nya aku minta maaf ya kawan jikalau pengalaman ku ini agak beda , dikarenakan sekarang tahun 2020pasti udah banyak beda di pertauran rekrutmen BCA nya sendiri,, Jadi kalian jgn lupa utk update terus melalui website Resmi Rekrutmen BCA nya. 
 
 kalo kalian belum baca artikel yg PART II (tes psikotes)  nyesel deh.

To the point aja yah ,  mimin dpt email dari AASI ASIA PACIFIC yang waktu itu dikasih tau pengawas pas tes psikotes


BACA JUGA :
1. MENGAPA SAYA TES ONLINE ASESSMENT DULU,  BUKAN TES PSIKOTEST? 
2. BAGAIMANA KITA LIHAT PENGUMUMAN PPA PPTI LOLOS ATAU TIDAK? 
3. PROSES SELEKSI BEASISWA PPA PPTI TAHUN 2018 - TERBARU

Dear Ibu Intan Permatasari,
Kepada Yth,
Peserta tes PPA/PPTI PT. Bank Central Asia, Tbk

Terkait dengan proses perekrutan PPA/PPTI PT. Bank Central Asia, Tbk yang sedang  Anda lakukan, maka kami bermaksud untuk mengundang Anda untuk mengikuti online assessment.
Online assessment ini merupakan salah satu dari rangkaian proses seleksi PPA/PPTI.

Apabila ada pertanyaan perihal Tahapan Proses ini, silakan untuk menghubungi kami via email recruitment@bca.co.id.

Detail untuk asesmen online Anda dapat dilihat pada keterangan di bawah ini:

SMART GMA - Verbal
Mengukur kemampuan menggunakan kata-kata secara logis (17 pertanyaan, 4 menit).
SMART GMA - Numerical
Mengukur kemampuan menggunakan angka-angka secara logis dan rasional (15 pertanyaan, 5 menit).
SMART Ability to Learn
Mengukur kemampuan memahami konsep-konsep rumit dan menyerap pengetahuan baru yang belum pernah di pelajari sebelumnya (15 pertanyaan, 5 menit).

Anda dapat mengerjakan asesmen online ini pada rentang waktu berikut ini:


Mulai:2016-11-25 18:00:00
Berakhir:2016-12-02 23:59:59

  trus dikasih username sama password ny juga

Gitu aja sih yaa ,  sampe bulan mei 2017 mimin ga dpt pengumuman . .  dan katanya sih kalo ga dpt pengumuman berarti dinyatakan tidak loloss :( sedih banget rasanya ...pasti Tuhan ngasih jln yang terbaik.. tetep semangattt :)  dan yang penting mimin udh berusaha, dapet pengalaman yang sangat berharga
;). 
Bye bye sampai jumpaaaaaa

BACA JUGA :
CARA MENGISI FORM NILAI RAPOR SMK LULUS/SMA LULUS

TERBARU!  INFO RESMI JADWAL SELEKSI BEASISWA PPA PPTI BCA

Jika kalian bingung tentang PPA/PPTI BCA kalian bisa mengunjungi FAQ PPA & PPTI BCA



*NB: Maaf bila ada kata-kata yang menyinggung perasaan anda yang berkunjung kesini 

132 comments:

  1. Ak belum pernah ikut tes sebelumnya. Tp tiba tiba dapet emaol dari asi. Trus gmana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba deh hubungi rekrutmen BCA nya. soalnya takut itu penipuan

      Delete
    2. oh ya tadi kan aku tanya temenku,

      ternyata Tes online asessment yg km kerjakan itu tes tahap BCA juga,

      jadi, tahapan tes BCA belum tentu tes psikotes dulu, bisa tes online asesment daulu baru tes psikotes

      Delete
  2. Saya juga dapet, tp saya belum dapat panggilan u/ tes psikotes di jkt. Jadi gmn ya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba deh hubungi rekrutmen BCA nya. soalnya takut itu penipuan

      Delete
    2. Kak intan aku mau tanya dong kalo utnk assesment online 2019 ini penghitungan benar salah nya kaya gimana ya? Apa kalo salah ada minus satu nya?? Tolong dijawab ya kak soalnya aku mau ujian terimakasih

      Delete
  3. Hai intan sudah dapat kabar baik dari ppa bca?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum tapi masih proses, maaf salah bukan ppa, aku ikut nya PPTI

      Delete
  4. kok saya juga sama ya blm ikut psikotes tapi udh dapet email ikut online assessment alhamdulillah bersyukur banget sih, mau tanya kak soalnya nanti online assessment apa aja yang keluar? waktu yang dikasih dibatasi gk? apakah cukup? dan adakah tips yang perlu dilakukan sebelum mengerjakan? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo itu aku kurang tau, coba deh hubungi rekrutmen BCA nya.

      tes online asesment hampir sama kaya tes psikotes cuma wakttu yang dibutuhin cepet bgt 14 soal dalam 5 menit.

      tips nya menurutku sih kalo mau ngerjain fokus trus koneksi jgn sampe terputus

      Delete
    2. hallo. aku juga sama kok kaya Denny Hermawan. belum ikut psikotes tapi udah assesmen online. banyakin belajar buat SMART GMA - NUMERICAL deh

      Delete
    3. maaf ka mau tanya perihal tes online .. jadi pas udah masukin username sm password kan udah langsung masuk, nah pas itu ada test list.. dibagian test list itu kenapa diem aja gak bisa kemana2, padahalkoneksi internet bagus. tolong bantuannya ka, saya sudah tanya ke admin tapi belum dapat balasan dari gmail nya

      Delete
    4. Sama aku juga gitu, terus gimana yaa?

      Delete
  5. Ka yang smart ability to learn kaya apa bentuk soalnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo Luthfi Aditama. SMART ABILITY to LEARN itu yang paling gampang dari tes yang lain. ngga ada jawaban salah, semua benar! tergantung kamu nya aja. seperti ingin tau kamu itu orangnya kayak gimana sih, dan kepribadian nya seperti apa..

      Delete
  6. hai, intan, aku udah ikutin psikotest 1 & 2 dan sekarang tahap 3, aku boleh minta id line nggak mau nanya2? soalnya aku bener2 ngga tahu SMART GMA Test ini apa dan sulit dicari juga. Makasih ya sebelumnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. minta ID line juga dong mau tanya2 😊

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  7. Hai, Intan. apakah kamu mendapat sms dari BCA atau telepon dari BCA?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena temanku pas tanggal 6 Januari mendapatkan sms dari BCA....

      Delete
  8. Halo Intan, sudah dapae email lagi dari BCA nya kah?

    ReplyDelete
  9. Aku baru dapet online asesmen, untuk yg numerik rada susah ya dan karena aku lg sakit sejujurnya si jd ga bs fokus atau konsen 100% sebetulnya :'( , mau tanya juga dong, Kak Intan nanti liat pengumuman tntang online asesmen ini gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti kalo pengumuman nya lewat sms/email/telfon

      Delete
  10. Sekarangkan udah bulan maret, intan udah dapet kabar baik belum? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum annisa., katanya batas akhir sampe bulan mei

      Delete
  11. Hai Intan aku angkatan 2015 daftar ppa bca tapi
    lewat tes online assesment kaya kamu. Aku
    dapet email dari bca akhir januari dan sampe
    sekarang belum dikasih tau lolos atau engga. Kalo
    di FAQ PPA/PPTI BCA pengumumannya bulan Mei.

    ReplyDelete
  12. Jadi kalo Kita udah ngerjain online assesment ga perlu ikut 5 tahap (psi1 dsb) lagi atau Online assesment ini pra-test dari 5 tahap tsb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahap online assesment itu sama aja kaya tahap psikotes. jaid kalau kamu udah tes assesment berarti km udah ga usah tes sikotes. kalo diterima ya langsung masuk tahap selanjutnya

      Delete
    2. Iya beneran?? tinggal wawancara 1, 2, dan medical check up.. tapi penasaran banget nih lolos apa engga.. Kalo kamu gimana Ntan, udah dapet sms dari BCA?

      Delete
    3. ka intan aku belum pernah ikutan tes online.. aku tes hari ini rentang waktu tgl 1-3 september tapi aku masih belum ngerti pengerjaannya jam berapa saja. mulai tgl 1 00:01 sampai tgl 3 23:59 ... bebas login gimana kita apa gimana ka aku blm ngerti? bls yah ka

      Delete
    4. Hai chaerul, kamu sudah tes online? Share pengalamannya dong..

      Delete
  13. Aku pun sama seperti kalian, aku juga belum dapat kabar dr BCA untuk tahap selanjutnya. Moga aja kita dapat kabar baiknya. Amiin 😊
    Salam kenal.

    ReplyDelete
  14. pengumuman selain lewat sms lewat email juga kan?

    ReplyDelete
  15. hai aku udah lulus ppa dan baru masuk bulan juli nanti, kalian udah pengumuman belum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengumumannnya gimana ya kak ? dan tahapannya apa aja kak , . aku baru dapat email undangan tes online kak

      Delete
  16. Hey intan, mau tanya nih, soal SMART PERSONALITY itu bentuk soalnya kyk gimana sih ?
    Share dong pengalamannya

    ReplyDelete
  17. mau tanya kak, lulusan PPA & PPTI ini mendapatkan gelar atau tidak ya saat lulus? Trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya ,lulusan PPA & PPTI tidak dapat gelar dari BCA, berhubung BCA bukan lembaga pendidikan jadi BCA sekarang bekerjasama dengan universitas Trisakti untuk PPA Dan Universitas Binus untuk PPTI
      jadi kalau mau dapat gelar S1, bisa ambil skripsi di universitas yg bersangkutan tapi biaya ditanggung sendiri

      Delete
  18. Hai Intan, untuk tes onlinenya apakah sama dengan tes psikotes?

    ReplyDelete
  19. hai ka intan, saya udah dapat undangan untuk ikut tes onlinenya via sms, tapi saya ga dapet undangan via email, itu gimana?

    ReplyDelete
  20. Hai Kak, Intan, boleh bertanya, pengalaman Kakak ketika menjawab online assesment test ada berapa soal ya? Apakah semuanya full Kakak jawab?

    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  21. aku abis tes tersebut, mau dishare gak?

    ReplyDelete
  22. Hai ka kamal, boleh tanya? Saya juga mau tes online apa harus versi browser sesuai yg ditentuin? Versi browser saya beda dari yg ditentuin bca

    ReplyDelete
  23. Hai ka kamal, boleh tanya? Saya juga mau tes online apa harus versi browser sesuai yg ditentuin? Versi browser saya beda dari yg ditentuin bca

    ReplyDelete
  24. Mau tanya tes online menggunakan versi web yang ditentukan? Kalau versi webnya tidak sama seperti yang ditentukan apa tetep bisa mengerjakan? Mohon dijawab , terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. biisa,, tapi susah, dan gak kompatible(ga cocok) biasa nya ada gangguan

      Delete
  25. kak, klo abis dari tes onlinenya udah kelar tp dia pas dipencet next gaada apa apa itu gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi udah ada keterangan sukses belum?? kalau ga itu karna jaringan lelet/erorr

      Delete
  26. kak link yang diberikan oleh BCA linknya tidak bisa terbaca knp.gimana solusinya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin wktu itu ada gangguan,, tapi skrg udh bisa kok

      Delete
  27. mungkin wktu itu ada gangguan,, tapi skrg udh bisa kok. trus utk pendafatarnn beasiswa thn 2017/2018 udh ditutup. tunggu bulan agustus atau setember nanti buka lg

    ReplyDelete
  28. Kak kalo aku uda masuk ke akun username nya. Tapi gag bisa di next untuk mengerjakan soalnya. Itu gimana kak

    ReplyDelete
  29. Kak mau tanya..saya sekarang kelas 12 dan bentar lagi lulus...saya tidak tahu kalau pendaftaran ppti BCA tahun 2017 kemaren...nah pertanyaan saya apakah pendaftaran tahun 2017 kemaren itu tahun saya ? Atau bisakah saya daftar bulan oktober 2018 besok..saya juga mau tanya kak intan kelas berapa ya..apa sudah lulus ? Tolong dijawab kak

    ReplyDelete
  30. Daftar utk yg thn 2018/2019 juga boleh yg penting umurnya maks 19 thn

    ReplyDelete
  31. hai kak ! aku mau tanya, aku udah pernah daftar PPA BCA 2017, terus gagal pas interview. apakah aku boleh daftar lagi untuk tahun 2018?

    ReplyDelete
  32. Terima kasih atas waktu yang telah Anda berikan untuk mengikuti Proses Seleksi PPA/PPTI BCA.

    Sehubungan dengan seleksi Anda utk program PPA/PPTI BCA, dengan ini kami informasikan bahwa Anda tidak dapat diproses lebih lanjut.


    Ini mksd nya apa ya ???

    ReplyDelete
  33. Kak, aku baru mau daftar program PPA/PPTI. Kalo nanti kita gugur di tengah jalan misalnya pas tahap tes onlinenya atau psikotesnya, kita bisa daftar ulang lagi gak dari awal?
    Tolong dijawab kak, makasih.

    ReplyDelete
  34. Kak smart gma verbal itu soalnya ada sinonim, antonim ga sih?

    ReplyDelete
  35. Kak mau nanya, kalau mau tes online apakah harus menggunakan browser yg sudah di tentukan dari pihak BCA (google chrome v.44, mozilla v.40, internet explorer 10, opera 30)? Bagaimana kalau tidak menggunakan versi yang sesuai?

    Mohon jawabannya kak, saya sudah login 2kali menggunakan chrome v.66 dan tidak bisa masuk.. Kesempatan saya hanya beberapa hari lagi:(
    Terimakasih kak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya berarti browser nya itu. coba deh pakai yg disaraninn sm bca

      Delete
  36. kak saya mau nanya, saya kan udah tes online assesment.kira kira pengumuman lolos atau enggaknya itu berpa hari ya mba ??
    mohon infonya

    ReplyDelete
  37. Permisi kak, saya mau nanya, pengumuman untuk mengikuti tes online itu berapa lama sejak kita mendaftar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab. Klo aku sebulan setelah daftar.

      Nonjabodetabek ya.

      Delete
  38. Kak kalo aku masa ga dikasih username sama passwordnya. Terus gmna kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga mungkin ga dikasih kalo kamu udh lulus proses seleksi berkas.

      Coba baca lagi email undangan test onlinenya.
      Di bagian paling bawah ada username, pwnya, website tes online dan tenggat waktu pelaksanaan tes online.

      Delete
  39. Kalo udah tes online assesment, terus nunggu pengumuman selanjutnya lagi gitu?

    ReplyDelete
  40. siapapun dsni yg udah tes online assesment, WA aku ya nih no nya 085722838927

    ReplyDelete
  41. Halo selamat malam kak, saya mau tanya, teman saya ada yg daftar PPA senin kmaren terus dia dpt email tes online skrang, Sdangkan saya daftar kmaren tapi saya gadapat email tes onlinenya, apakah saya ga lolos tes administrasi? Apakah saya harus daftar ulang lagi? Ohiya dan satu lagi kak, apakah harus memakai foto formal untuk fotonya? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lihat di spam email kamu, soalnya temen aku juga gitu, email dari pihak bca nggak masuk di inboxnya tapi masuk di spamnya

      Delete
  42. maaf ka mau tanya perihal tes online .. jadi pas udah masukin username sm password kan udah langsung masuk, nah pas itu ada test list.. dibagian test list itu kenapa diem aja gak bisa kemana2, padahalkoneksi internet bagus. tolong bantuannya ka, saya sudah tanya ke admin tapi belum dapat balasan dari gmail nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama... Saya juga sedang tes sekarang...
      Tulisan nya loading 100% terus.. iya gak ??? Gak ada perubahan.

      Delete
    2. Coba kalian klik next atau nggak pencet tombol navigasi ▶ di keyboard laptop kalian

      Delete
    3. hai kak, saya baru mau tes online hari ini dan yg terjadi sama aja kaya kakak, biar bisa lanjut ngerjain tesnya harus pencet apa ya?

      Delete
    4. Itu tes nya berapa menit?

      Delete
  43. Kakak... Ini gimana ? Aku lagi tes onlin sekarang.
    Udah ngerjain soal verbal... Udah selesai. Tapi kok nunggu lama bgt. Tulisan nya loading 100% terus .??????
    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin koneksi internet kamu ada sedikit gangguan, coba tunggu lagi aja semoga berhasil:)

      Delete
  44. Kak apa ada tes online susulan?

    ReplyDelete
  45. Kak boleh minta id line gak untuk tanya tanya

    ReplyDelete
  46. Kak mau nanya, saya udh masuk ke web tes onlinenya, nah udh sampe yang isi biodata,tapi sesudah next ke bagian TEST LIST tidak ada tulisan utk next mengerjakan test, itu gimana ya kak?

    ReplyDelete
  47. km juga gabisa? saya juga gabisa nih, kl udah nemu caranya boleh kasih tau?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Akhirnya ga ada cara nya, mau gamau aku merelakan kuliah bca deh,jawaban dri bca email ga terlalu membantu:((

      Delete
  48. Kak aku ingin nanya....smart ability to learn itu kayak gimana ya...mohon dijawab kak terimakasih sangat

    ReplyDelete
  49. Kak, saya mau tanya, saya dapat email bahwa saya lulus seleksi administrasi, terus saya dikirimi email yg isinya undangan untuk tes online, tapi begitu saya klik linknya yg muncul mengirim pesan baru ke email yg lain

    ReplyDelete
  50. Hai kak aku ada undangan untuk test selanjutnya tapi aku gadapet pemberitahuan uname sama password, gimana ya kak?:(

    ReplyDelete
  51. @R Only samaa, aku jugaa :(

    ReplyDelete
  52. Saya mau tanya, saya sudah dpt sms dari bca utk melihat email tes online. Tapi di email saya tidak ada, katanya suruh cek spam email, tapi tetap tidak ada. Itu kenapa ya? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mau tanya kelanjutannya bagaimana ya? saya sama kyk km soalny

      Delete
  53. Kak PPTI BCA 2019 kuliahnya mulai kapan ya kira"?

    ReplyDelete
  54. saya hari ini test, tapi di web nya muncul "test list" doang, udh sy refresh 2 kali. mohon kalau ada yg tau caranya.

    ReplyDelete
  55. saya hari ini test, tapi di web nya muncul "test list" doang, udh sy refresh 2 kali. mohon kalau ada yg tau caranya.

    ReplyDelete
  56. saya hari ini test, tapi di web nya muncul "test list" doang, udh sy refresh 2 kali. mohon kalau ada yg tau caranya.

    ReplyDelete
  57. Kalau browser nya gak sesuai ketentuan gimana kak?? Besok aku tes online. Oh ya, tes online tuh sama kayak psikotes nggak??

    ReplyDelete
  58. Kak Intan sy mau tny, untuk soal soal yang tes online menggunakan bahasa Indonesia apa Inggris ya?????????????????

    ReplyDelete
  59. Kak, biasanya dapet email untuk mengikuti test online itu berapa hari setelah mendaftar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak pertanyaan yg diatas itu tlg dijwb...knp muncul test list...tp materi online kok gak muncul2

      Delete
  60. Kak saya mau bertanya sya sudah 1 bulan yg lalu, tp sampai skarang msih blom ada email undangan untuk tes online, itu gimana y kak???

    ReplyDelete
  61. kak saya mau tanya, kenapa saat saya sudah login itu tidak muncul test list nya

    ReplyDelete
  62. Kak mau tanya. Test smart GMA-numerical itu, tipe soalnya gimana ya? Kayak TPA ga sih?
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gma numerical itu tentang matematika dasar seperti deret aritmatika

      Delete
  63. Kok test list gak muncul

    ReplyDelete
  64. kak, mau nanya nih, klo jumlah login uda melebihi batas, gabisa ikuti tesnya lagi ya? stlh diemailkan ke pihak BCA jg gd balasan nih.. gmn dong ka? :(

    ReplyDelete
  65. kak untuk waktu test nya, bisa kapan aja selama sesuai jangka waktu yg tertera di email kan ya?

    ReplyDelete
  66. Kak mau tanya, test online nya isi apa aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..bantu jawab ya...nanti dikasih tau pas nerima email undangan asesmen online^^

      Delete
  67. kak test SMART Ability to Learn itu seperti apa?

    ReplyDelete
  68. Kak mau tanya kalo saya skrg kelas SMK 3 belum lulus sekolah.karena tahun 2021 baru lulus. apakah boleh ikut beasiswa BCA?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hae....banrtu jawab ya..boleh kok...aku juga baru aja daftar nih..moga kita diterima nanti ya ^^

      Delete
  69. Hai intan..anak saya sdh mengikuti online assessment pd awal bln agustus thn 2020 ini..tp sampai saat ini blm ada info lebi lanjut..gmna caranya kita tau apakah di lolos or tdk?
    mohon info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kalau nanti ada info lolos pasti di email sma rekrutmen BCA nya,, tapi kalo tidak ada email berarti tidak lolos.. seperti itu bu

      Delete
  70. Hai kak aku dapat email dari bca dri admin langsung kira2 benar ga ya??

    ReplyDelete
  71. Hallo kak,, aku agatha aku tadi dapat e-mail dari AASI buat ikut tes online,, ini pengalaman pertamaku,, jadi aku ga tau harus apa,, bisa kasi solusi ga kak? Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama ,aku juga tadi pagi dapat email dari AASI

      Delete
  72. Hai kak . Sebelumnya mau tanya. Aku dapet email dari BCA untuk tes online. Tapi ko pas masuk pasword n username salah terus ya. Dan skrg udh melebihi batas.itu apa saya dikategorikan gagal ?

    ReplyDelete